Wisata Kuliner Pecel Semanggi Surabaya yang Lezat dan Menyehatkan

Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, sehingga dari ketersediaan menu-menu kuliner terbaik dengan cita rasa tinggi tentu hadir cukup banyak. Dari sekian banyak jenis kuliner terbaik di Surabaya ada satu yang memiliki rasa menarik yakni Pecel Semanggi. Menu kuliner satu ini memang dikenal sebagai kuliner khas tradisional Surabaya sehingga wisatawan pasti mencarinya saat berlibur ke Surabaya.

Daun semanggi sebagai komposisi utama

Untuk mendapatkan menu Pecel Semanggi traveler bisa datangi Taman Bungkul yang mana berbagai macam gerai menjual menu Pecel Semanggi. Komposisi bahan yang digunakan memang sesuai dengan namanya karena dibuat memakai bahan dasar daun semanggi.

Proses pengolahan daun semanggi tidaklah sulit, karena cukup dimasak memakai air panas atau bisa dikukus kemudian disajikan dalam daun pisang bersama toping berupa kangkung rebus dan tauge. Untuk menambah rasa lebih gurih maka dibumbui saus kacang yang terbuat oleh kacang tanah dan gula merah.

Cita rasa

Rasa Pecel Semanggi memang tidak berbeda jauh dengan menu pecel. Akan tetapi dari rasa manisnya akan terlihat berbeda karena memakai olahan gula merah sehingga terasa sangat lembut di lidah. Apabila ingin menambah cita rasa Pecel Semanggi lebih yang nikmat, maka tambahkan kerupuk puli sebagai pengganti alat makan. Kemudian dari segi harga satu pincuk Pecel Semanggi ini masih cukup murah yakni sekitar 8 ribu sampai 10 ribu saja.

Menu Pecel Semanggi sebenarnya bukan hanya ada di Surabaya saja akan tetapi bisa traveler temui di kota lain seperti Banyuwangi. Akan tetapi ada satu perbedaan antara Pecel Semanggi khas Surabaya dan Banyuwangi yakni terletak pada saus ataupun bumbunya.

Menjadi satu keistimewaan bagi wisatawan bisa mencicipi menu istimewa dari kota Surabaya dimana tekstur rasa dan proses pembuatannya membuat pecinta kuliner semakin ketagihan. Apalagi harganya juga masih sangat terjangkau.

Biasanya penjual menu Pecel Semanggi Surabaya mayoritas ibu-ibu yang mengenakan kain jarik sebagai sarana menggendong semua bahan-bahan. Kemudian mereka akan berkeliling ke berbagai sudut kota untuk menjajakan dagangannya tersebut.

Mungkin bisa disebutkan bahwa keberadaan Pecel Semanggi sebagai menu khas tradisional Surabaya kini mulai tersingkirkan oleh menu-menu sajian lainnya dengan gaya lebih modern. Namun, bagi pecinta kuliner nusantara pastinya merasa penasaran ingin mencicipi seperti apa sensasi menikmati kuliner Pecel Semanggi.

Terlebih mengingkat bahwa obyek wisata kuliner tradisional yang satu ini tidak saja memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan lezat. Satu hal yang lebih penting lagi adalah bisa membuat tubuh jadi lebih sehat karena mengandung banyak sayuran.