Wisata Budaya Kampung Arab Surabaya, Penuh Aroma Timur Tengah

Saat berziarah di makam Sunan Ampel, ada sebuah destinasi wisata budaya yang sayang untuk dilewatkan yaitu Kampung Arab. Kampung Arab merupakan sebuah kota tua yang terletak mengelilingi masjid Ampel yang arsitektur bangunannya lebih condong ke arah Timur Tengah.

Hal ini yang menjadi keunikan Indonesia karena terdapat daerah Timur Tengah. Sehingga bagi traveler yang ingin merasakan aroma Timur Tengah, tidak perlu hunting ke Mesir maupun Turki. Cukup datang ke Kampung Arab yang berada di Surabaya.

Kampung Arab awalnya dijadikan Belanda sebagai daerah pemukiman khusus bagi para muslim. Sebagian besar dari penduduk di Kampung Arab merupakan imigran dari daerah Yaman, suku Hadromi. Selain itu juga terdapat beberapa etnis seperti etnis jawa, etnis madura serta etnis cina.

Budaya Timur Tengah di Kampung Arab

Di Kampung Arab para wisatawan bukan hanya disuguhi bangunan khas daerah  Timur Tengah tetapi juga kebudayaanya. Mulai dari makanan, souvenir dan seni tradisional khas Timur Tengah. Meski berada di Indonesia, penduduk setempat tetap mempertahankan tradisi aslinya. Sehingga terkesan seperti berada di Timur Tengah sungguhan.

Terdapat bermacam-macam makanan tradisional yang bisa dinikmati traveler. Misalnya gulai kacang hijau, nasi tomat, nasi briyani, nasi magali, nasi kebuli dan shisha yang sering disebut dengan rokok arab. Namun untuk kuliner yang paling populer adalah nasi mandi. Nasi mandi ini merupakan nasi yang dioven bersama daging kambing yang sudah dibumbui dengan bumbu khas Timur Tengah.

Untuk seni dari Timur Tengah yang paling terkenal adalah musik hajir marawis. Musik ini biasanya digunakan dalam pernikahan dan acara besar lainya. Musik hajir merawis merupakan perpaduan dari harmonisasi marawis, hajir dan seruling. Untuk pertunjukan musik hajir marawis biasanya dipadukan dengan tarian zafin.

Di Kampung Arab terdapat pula sebuah komunitas yang bernama Komunitas Bandari Ampel Surabaya. Anggota dari komunitas ini merupakan warga setempat yang mempunyai misi yang sama yaitu untuk mempertahankan tradisi dan kebudayaan yang berasal dari Timur Tengah.

Mereka ikut berperan aktif dalam memajukan dunia pariwisata di Kampung Arab. Mulai dari mempersembahkan pertunjukan, hingga mengenalkan karya-karya dari Timur Tengah. Suasana arabia yang begitu kental dan khas menjadikan Kampung Arab dijadikan tujuan wisata budaya. Bahkan pemerintah setempat telah menjadikan Kampung Arab sebagai cagar budaya.

Bagi para traveler yang ingin merasakan suasana khas budaya Timur Tengah atau hanya sekedar mengurangi rasa penasaran akan budaya tersebut, wisata budaya di Kampung Arab patut untuk dicoba.