Tunjungan Plaza, Pusat Wisata Belanja Modern Terbesar di Surabaya

Sebagai kota besar dan menyandang status sebagai kota metropolitan, Surabaya punya obyek wisata belanja modern dalam jumlah yang sangat banyak. Satu diantaranya yang dipandang sebagai wisata belanja terbesar yaitu Tunjungan Plaza. Lokasinya terletak di antara Jl. Basuki Rahmad dan Jl. Embong Malang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Meski sebenarnya masih kalah besar dibanding Pakuwon Mall, namun Tunjungan Plaza yang juga sering disebut dengan singkatannya saja yaitu TP tetap sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi lokasinya sangat mudah dijangkau dan banyak hotel di Surabaya yang bertempat di wilayah-wilayah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari destinasi wisata belanja tersebut.

Wisata belanja untuk keluarga

Tunjungan Plaza didirikan pertamakali pada tahun 1986. Saat ini pusat kegiatan belanja yang memiliki penampilan sangat modern tersebut terdiri dari 6 bangunan utama. Masing-masing dari bangunan tersebut saling terhubung dengan eskalator. Selain itu setiap bangunan dikasih nama sebutan Tunjungan Plaza I hingga Tunjungan Plaza VI.

Dengan mengusung sebuah konsep sebagai family mall, Tunjungan Plaza merupakan obyek wisata belanja yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan keluarga di satu tempat saja. Jadi tidak mengherankan apabila pengunjungnya terdiri dari bermacam-macam usia, mulai kanak-kanak, remaja, dewasa hingga orangtua.

Lengkap dengan fasilitas dan penuh hiburan

Sebagai destinasi wisata belanja keluarga, Tunjungan Plaza memiliki banyak space maupun outlet yang menyediakan aneka jenis barang. Mulai dari pakaian atau fashion, sepatu, benda gadget, benda elektronik, kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi, semua dapat dibeli di tempat ini.

Selain itu Tunjungan Plaza juga menyediakan space khusus untuk menampung hasil produksi para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) dari kota Surabaya Sendiri dan sekitarnya. Aneka macam kerajinan tangan dengan mutu dan kualitas sempurna mudah sekali ditemukan dengan harga yang cukup murah.

Di Tunjungan Plaza pula bisa ditemukan berbagai macam wahana permainan, khususnya bagi wisatawan kanak-kanak. Namun tidak sedikit pula wahana yang hanya pantas dimainkan oleh orang dewasa saja.

Kemudian setelah merasa lelah sehabis berbelanja atau menikmati wahana permainan, masih di lokasi yang sama wisatawan dapat istirahat sambil memanjakan perut. Puluhan outlet yang menyediakan berbagai macam masakan. Mulai dari menu tradisional hingga masakan Asia dan Eropa, selalu siap memberi kepuasan pada lidah para pengunjung.

Tunjungan Plaza tidak hanya hadir sebagai obyek wisata belanja dan keluarga saja. Di plaza modern ini pelancong juga dapat memanjakan diri dengan cara menyaksikan hiburan berupa pemutaran film di cinema-cinema yang tersedia. Bisa dikatakan Tunjungan Plaza merupakan tempat rekreasi yang selalu mampu memanjakan para pengunjungnya.