Taman Surya Wisata Alam Bernuansa Perkotaan di Balai Kota Surabaya

Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Surabaya juga memiliki gedung pemerintah daerah yaitu Balai Kota. Namun, Balai Kota yang ada di Surabaya ini mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri karena dilengkapi dengan obyek wisata alam berupa taman kota dengan nama resmi Taman Surya.

Lokasi dan akses

Persis dengan penyebutan namanya Taman Balai Kota Surabaya atau Taman Surya ini berada tepat di Jalan Taman Surya No. 01. Persisnya pada bagian depan atau halaman Gedung Balai Kota. Karena berlokasi di jantung kota, pasti sangat mudah untuk mengaksesnya baik dengan transportasi umum atau kendaraan milik sendiri.

Tidak ada tiket yang harus dibayar untuk memasuki Taman Surya atau Taman Balai Kota ini. Namun jika membawa kendaraan pribadi, harus mengeluarkan ongkos parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan.

Daya tarik dan kegiatan

Begitu kaki melangkah masuk di Taman Balai Kota Surabaya, wisatawan segera memperoleh sambutan yang terasa sangat menyejukan berupa hiasan air mancur dalam ukuran yang sangat besar. Letaknya persis berada di bagian tengah taman dan terdiri dari satu air mancur utama dilengkapi dengan beberapa puluh air mancur kecil di sekeliling kolam.

Konsep penataan Taman Balai Kota Surabaya atau Taman Surya menggunakan gaya desain minimalis. Melalui konsep tersebut, tersedia banyak sekali ruang kosong yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas oleh pengunjung. Di sini hanya terdapat beberapa bangku yang dibuat dengan teknik cor untuk istirahat.

Selebihnya hanya berupa lampu hias berbentuk bulat dengan warna paling dominan kuning dan putih. Hasil dari konsep penataan ini, taman tersebut mampu menghadirkan kesan elegan tapi tidak terlalu menonjolkan kemewahan. Sehingga masyarakat dari kalangan bawah tetap merasa senang dan betah bermain di tempat ini.

Waktu paling tepat untuk datang ke Taman Balai Kota Surabaya adalah malam hari. Karena pada waktu tersebut, pemandangan alam disekitarnya terlihat makin cantik dan indah. Selain itu banyak aktivitas yang dapat dilakukan selain bersantai seperti jogging malam hari, skate board dan lain sebagainya. Sebagian besar yang menjalani kegiatan ini adalah anak-anak dan kaum remaja.

Taman Balai Kota Surabaya merupakan taman kota yang mampu memberikan kenyamanan secara maksimal pada pengunjungnya. Setiap wisatawan yang datang dijamin tidak akan kena gangguan dari para pedagang asongan yang seringkali menawarkan dagangannya dengan cara sedikit memaksa.

Sebagai obyek wisata alam yang sangat terkenal, banyak sekali pelancong yang tertarik untuk berkunjung ke Taman Balai Kota Surabaya. Bahkan tidak sedikit yang datang dari luar kota. Terlebih lagi, ada banyak sekali hotel di Surabaya yang selalu aktif memberi informasi atas keberadaan taman ini pada semua tamunya.