Siropen Telasih, Produk Sirup Asli Surabaya dan Pertama di Indonesia

Mengunjungi Kota Surabaya jangan sampai lupa untuk mencoba aneka kekayaan kulinernya, termasuk juga oleh-olehnya. Mencari oleh-oleh gampang-gampang susah. Gampang karena sangat mudah menjumpai banyak pusat penjualan oleh-oleh. Tetapi susahnya adalah sekarang ini banyak oleh-oleh khas yang tidak terasa kekhasannya lagi karena dapat dibeli di luar kota Surabaya.

Siropen telasih

Tetapi lain halnya dengan sirup yang satu ini, yang hanya bisa diperoleh di Surabaya. Nyaris jarang kota lain menjualnya. Namanya adalah Siropen Telasih, satu produk sirup yang cocok sekali untuk oleh-oleh, dan mungkin agak unik karena jarang dikenal. Ini adalah produk sirup yang sudah eksis sejak jaman Belanda.

Produk Siropen Telasih ada sejak tahun 1923, hampir berumur satu abad. Pabriknya dibangun oleh orang Belanda bernama JC Van Drongelen. Hebatnya, meski berusia hampir 100 tahun, namun produk ini masih eksis. Bahkan pabriknya pun masih ada, yaitu di Jalan Mliwis No, 5 Surabaya, dengan bangunan bergaya klasik Belanda bertuliskan Pabrik Siropen Telasih (D/H J.C Van Drongelen).

Warisan sejarah dari masa lalu

Boleh dibilang Siropen Telasih merupakan produk warisan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Keberadaannya sampai sekarang patut untuk diapresiasi. Pada jaman dahulu, produk sirup ini hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Namun setelah pengelolaannya beralih ke orang Indonesia, sirup ini dijual secara umum dan bisa dinikmati semua kalangan.

Dulu Pabrik Siropen Telasih pernah jatuh ke tangan penjajah Jepang sebelum kembali jatuh ke tangan Belanda. Setelah itu pada tahun 1958 jatuh ke pemerintah Indonesia melalui proses nasionalisasi. Sejak saat itulah, pabrik ini dikelola oleh Perusahaan Industri Daerah Makanan dan Minuman Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Inilah pabrik sirup pertama di Indonesia.

Produk Siropen Telasih ini mempunyai dua macam produk yaitu Siropen Telasih dan Siropen Premium. Siropen Premium dikemas dengan cantik dan apik, bentuk botol seperti botol wine dan dilengkapi dengan kotak kemasan yang enteng untuk ditenteng sebagai buah tangan. Dari segi rasa, Siropen Telasih menawarkan delapan varian rasa yaitu Mawar, Frambosen, Vanili, Cocopandan, Jeruk Keprok, Lychee, Arbei dan Melon.

 

Dalam pembuatannya, produk ini masih memakai cara konvensional untuk mempertahankan rasa dan aromanya. Pengelola saat ini menolak menggunakan teknologi mesin yang diyakini sebagai pengganti tenaga manusia dalam rangka efektivitas kinerja maupun produksi.

Nah, menarik bukan?. Selain jadi oleh-oleh yang langka, cerita dibalik sejarahnya sirup ini pun seru untuk dikupas. Maka jangan ragu lagi memilih Siropen Telasih sebagai kuliner serta pilihan nomor satu untuk mencari oleh-oleh saat liburan di Surabaya.