Serunya Menjelajahi Sambil Menikmati Keunikan Museum Rudi Isbandi Surabaya

Berlibur di kota pahlawan Surabaya di Provinsi Jawa Timur, traveler akan disuguhi beragam pilihan wisata. Mulai dari wisata alam, rohani, pendidikan, wisata kuliner hingga menjelajah museum seni. Semua tersedia lengkap di ibukota Provinsi Jawa Timur ini.

Nah, salah satu museum yang saat ini sedang menarik perhatian masyarakat, baik bagi warga Surabaya dan wisatawan luar daerah adalah Museum Rudi Isbandi. Museum yang tergolong dalam museum seni ini memang unik dan menarik dan sangat berbeda dari museum-museum seni lainnya.

Museum seni rupa

Museum Rudi Isbandi yang ada di ibukota Provinsi Jawa Timur ini sebenarnya merupakan museum seni, khususnya seni rupa. Beberapa menyebutkan museum ini adalah museum seni rupa mix media yang memadukan antara seni rupa dengan berbagai komponen lain, beragam benda sehingga menghasilkan karya yang memiliki nilai seni, unik, dan indah.

Museum Rudi Isbandi berlokasi di Jalan Karang Wismo I Nomer 10, Surabaya. Memang tak banyak yang tahu tentang keberadaan museum ini, kecuali bila wisatawan mau bertanya pada orang yang memiliki ketertarikan bidang seni.

Lokasinya tidak begitu jauh dari kampus Universitas Airlangga khususnya kampus B. Dari arah kampus B, ini langsung masuk ke Jalan Srikan, lalu lurus hingga mencapai gang dengan tulisan “Mie Neraka”. Museum ini berada dengan jarak yang cukup dekat dari gang tersebut.

Memanfaatkan barang bekas

Mengunjungi obyek wisata budaya dan wisata seni ini, traveler akan disuguhi karya seni yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Pemiliknya, yaitu Rudi Isbandi bahkan tak segan untuk mendampingi para pengunjung yang datang ke museumnya. Setelah itu dia akan memberikan penjelasan menjelaskan makna di balik sebuah lukisan.

Dalam museum ini terdapat lebih dari 200 benda seni rupa yang didisplai secara rapi dengan pencahayaan alami memakai sinar matahari. Dengan model pencahayaan semacam ini, maka disarankan untuk mengunjungi museum ini sebelum hari gelap atau siang hari.

Rudi Isbandi banyak menggunakan cat yang dituangkan dalam kanvas lalu dipadukan dengan dengan aneka benda misalnya mur baut, gir sepeda, alat pertukangan, radio rusak dan barang-barang bekas lainnya. Hasilnya sangat menarik dan memiliki nilai seni dan artistik tinggi.

Rudi Isbandi merupakan seniman yang terkenal di Surabaya, seorang maestro seni rupa yang pernah mendapatkan penghargaan dari Mesir dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Seniman ini telah melukis hampir 60 tahun yang saat ini lebih tertarik melukis gaya kontemporer.  Bila ingin berkunjung, Museum Rudi Isbandi buka dari jam 08.00 – 12.00 WIB, lalu buka lagi dari pukul 16.00 – 21.00 WIB. Tiket masuk ditarik Rp 5.000 per orang.