Senangnya Menikmati Wisata Alam Sambil Naik Perahu di Kalimas Surabaya

Tidak hanya kaya dengan obyek wisata sejarah dan kuliner serta belanja saja, Surabaya juga memiliki banyak sekali destinasi wisata alam dengan konsep kegiatan yang sangat unik dan menarik. Contohnya antara lain yaitu naik perahu sambil menyusuri aliran sungai Kalimas. Bagi para pelancong, tentu kegiatan ini akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak mudah dilupakan.

Lokasi, akses dan akomodasi

Destinasi dan kegiatan wisata alam ini berlokasi di kawasan Taman Prestasi yang selama ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta wisata alam. Taman tersebut ada di Jl. Ketabang No. 06, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Karena berada di pusat kota, tentu jadi sangat mudah untuk mengaksesnya.

Terlebih lagi banyak sekali transportasi publik khususnya bus dan angkutan kota yang lewat di kawasan tersebut. Sedangkan untuk urusan penginapan yang biasanya jadi masalah pelik bagi para pelancong luar daerah, juga bukan merupakan masalah besar. Cukup banyak hotel di Surabaya yang bertebaran berdiri tidak jauh dari Taman Prestasi.

Sensasi naik perahu

Setiap hari, setidaknya ada 4 hingga 5 perahu yang selalu siap memberikan layanan kepada para wisatawan yang ingin menyusuri Sungai Kalimas di Taman Prestasi. Perahu-perahu ini secara bergantian akan mengajak pelancong untuk merasakan kenikmatan dan sensasi ketika berada di sebuah aliran sungai sambil menyaksikan pemandangan alam indah disekitarnya.

Setiap perahu mematok harga tiket yang sangat murah Rp. 6.000 saja bagi setiap pengunjung. Karena murahnya tidak heran jika banyak peminatnya. Sehingga kadangkala wisatawan harus sabar mengantre untuk mendapat giliran. Tapi tidak perlu resah, sambil mengantre wisatawan dapat menyaksikan panorama sungai dan melihat-lihat perahu lain yang sedang melintas.

Masing-masing perahu yang beroperasi di Sungai Kalimas mempunyai daya tampung dalam jumlah lumayan banyak sekitar 12 orang. Jadi kegiatan wisata alam yang sangat mengasyikan ini dapat dilakukan secara berombongan bersama teman-teman atau keluarga.

Begitu mendapat kesempatan untuk naik perahu, sebuah pengalaman mengesankan langsung dapat diperoleh wisatawan. Di sepanjang perjalanan menaiki perahu di aliran sungai Kalimas ini, akan terhidang panorama alam yang sangat indah di sebelah kiri dan kanan aliran sungai.

Suasananya begitu menentramkan hati, ditambah lagi dengan rimbunnya berbagai tanaman dengan daunya yang berwarna hijau menyegarkan mata. Kesan sejuk selalu terasa dan dapat membuat siapa saja yang sedang naik perahu jadi makin betah berada di tempat tersebut.

Apalagi aliran sungai Kalimas merupakan sebuah aliran sungai yang airnya sangat jernih dan bening. Selain itu arus airnya juga sangat tenang, sehingga mampu menghadirkan rasa lebih aman untuk para pelancong khususnya yang datang bersama anak-anak.