Senangnya Berwisata Budaya di Kampung Lawas Maspati Surabaya

Di masa modern ini, mungkin tidak banyak warga Surabaya yang menyadari akan sejarah panjang kota tersebut dari era keraton Mataram dan masa pendudukan Belanda. Semua kisah  sejarah tersebut terekam di suatu kawasan di Kelurahan Bubutan.

Kawasan Bubutan ini merupakan tempat menjadi bukti apabila Surabaya telah tertata dengan rapi sejak zaman dulu. Seperti kata seorang petualang Belanda yang singgah di kota ini pada awal abad 17 bernama Artus Gijsels. Dia menyebutkan jika Surabaya sebagai kembaran Kota Amsterdam dari timur.

Sejarah Kampung Lawas Maspati

Artus Gijsels ketika tiba di Surabaya sempat mencatat kekagumannya. Catatannya ini dimuat dalam Buku Belanda yang dalam bahasa Indonesia punya arti Figur Tokoh Sejarah Belanda, ekspedisi Surabaya ke Pasuruan pada 1706. Catatannya dimuat dalam bahasa Belanda kuno.

Sisa kekaguman tersebut masih dapat dirasakan hingga sekarang yang salah satunya adalah Kampung Kraton yang diampit Jalan Kramat Gantung serta Jalan Pahlawan. Pemukiman para punggawa keraton berada di sebelah barat keraton.

Kemudian ada Kampung Lawas Maspati tepat di pusat kota Surabaya, berjarak kurang lebih 500 m dari Monumen Tugu Pahlawan. Kampung Lawas Maspati dikelilingi dengan bangunan modern, tetapi kearifan lokal dan budaya masih tetap terjaga di sini.

Bangunan-bangunan dari kerajaan Mataram juga masih terawat hingga sekarang. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat Kampung Lawas Maspati sendiri yang sangat sadar akan arti penting dari sejarah dan semua peninggalannya.

Harga tiket masuk

Ada beberapa pilihan tiket masuk wisata budaya dan sejarah di Kampung Lawas Maspati ini. Untuk paket pertama paling sedikit 5 orang, Rp 5.000. Paket ini tidak dilengkapi oleh fasilitas apapun.

Sedangkan, untuk paket kedua, paling sedikit harus diikuti 10 peserta. Jika traveler memilih paket ini, akan mendapat fasilitas seperti tour guid. Sehingga kegiatan wisata menjadi lebih menarik.

Paket ketiga, memiliki harga Rp 20 ribuan dan minimal peserta 10 orang. Paket ini memiliki fasilitas seperti didampingi oleh pemandu wisata, masuk ke rumah lawas serta masuk dalam aneka permainan kuno.

Terakhir, ada paket spesial rombongan. Paket ini memiliki harga Rp 2 jutaan. Fasilitas yang disediakan sangat spesial seperti didampingi dengan pemandu wisata serta pertunjukan musik patrol.

Selain itu traveler dapat masuk ke rumah lawas, rumah produksi hingga rumah cantik karena dibuat dengan konsep daur ulang. Bahkan traveler bisa mendapatkan souvenir. Memang, dari berbagai macam pilihan paket di Kampung Lawas Maspati ini, paket terakhir ini adalah paket yang paling lengkap dan sangat menarik dijadikan kegiatan wisata budaya.