Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Dari Surabaya yang Harus Traveler Coba

Apakah sekarang traveler sedang berwisata di kota Surabaya? Jika traveler sedang liburan ke Surabaya, jangan lupa merasakan kelezatan sajian kuliner unik dari Surabaya. Sajian tersebut bernama Sate Klopo Ondomohen.

Sate Klopo Ondomohen tidak seperti kuliner lain yang membuka kuliner di banyak tempat. Obyek wisata kuliner ini hanya berada di Surabaya. Sehingga jika traveler ingin merasakan kelezatannya, traveler harus singgah ke ibukota provinsi Jawa Timur tersebut.

Berbagai pilihan sengaja ditawarkan

Sate, kuliner ini memang hampir mirip dimana pun. Namun untuk Sate Klopo Ondomohen sangat berbeda. Dilihat dari namanya, traveler mungkin menebak jika nama klopo ini berarti kelapa. Perkiraan traveler tepat, karena kelapa yang sudah disangrai akan diberi bumbu dan dicampur dengan daging, kemudian dibentuk bulat-bulat dan dibakar.

Pembakarannya tidak sampai hangus seperti sate biasa. Untuk pilihan sate terdapat beberapa menu pilihan di kedai Sate Klopo Ondomohen ini. Seperti sate ayam, sapi, udang, usus dan sumsum.

Jika sudah selesai dibakar, sate akan disajikan bersama dengan bumbu yang tidak berbeda jauh dengan sate ayam biasa berupa kacang dan irisan bawang merah hingga cabai. Tetapi, bumbu kacang di sini lebih halus. Selain itu rasanya juga lebih gurih, sehingga cocok dengan ukuran Sate Klopo Ondomohen yang besar. Saat digigit, teksturnya begitu lembut.

Asal nama Kedai Sate Klopo Ondomohen

Kurang jelas tepatnya sejak kapan Sate Klopo Ondomohen ini berdiri. Tapi menurut cerita yang berkembang, wisata kuliner ini sudah berdiri begitu lama. Karena nama Ondomohen ini adalah nama jalan di kedai legendaris ini yakni Jalan Ondomohen.

Saat ini jalan tersebut telah berganti nama dengan Jalan Walikota Mustajab. Meski demikian nama kedai tetap digunakan karena nama tersebut sudah melekat di hati pelanggan.

Harga yang terjangkau

Dulunya, Sate Klopo Ondomohenhanya buka dari jam 6 pagi hingga jam 1 siang. Tapi karena begitu banyaknya pengunjung yang datang, Sate Klopo Ondomohen mengubah jam bukanya menjadi 6.30 pagi hingga jam 11.30 malam.

Tidak hanya mencicipi kelezatan Sate Klopo Ondomohen, traveler juga bisa memesan sate original seperti sate ayam biasa jika tidak terlalu suka dengan kelapa. Rasa sate ayam di sini juga tetap lezat, dagingnya empuk dan tak begitu gosong.

Untuk masalah harga, Sate Klopo Ondomohen dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan per porsi. Dalam seporsi Sate Klopo Ondomohen terdapat 10 tusuk sate, ada juga lontong sebagai santapan untuk mendampingi Sate Klopo Ondomohen. Wisata kuliner ini sangat cocok jika disantap saat udara sedang dingin.