Sate Karak Surabaya, Hidangan Tempo Dulu yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Surabaya bukan hanya memiliki rujak cingur serta lontong balap. Traveler dapat menemukan berbagai macam kuliner yang unik dan enak di sini. Salah satunya adalah sate karak. Hanya dari namanya saja, mungkin traveler sudah penasaran seperti apa bentuk hingga citarasa yang diberikan oleh kuliner ini. Apalagi melihat gambar sate karak yang berbeda dari namanya.

Kuliner legendaris Surabaya

Sate karak adalah kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Konon, makanan ini sebenarnya adalah makanan asli dari Ampel, Surabaya. Sajian nikmat yang sering dijadikan sebagai santapan sarapan ini telah hadir dari tahun 1960-an. Sayangnya sekarang ini untuk menemukan sate karak begitu sulit.

Bentuk sate karak

Karak yang disajikan bukan kerupuk nasi. Bahan utama dari sate karak adalah jeroan sapi khususnya usus yang diberi bumbu rahasia. Ukuran ususnya juga cukup besar dan sudah pasti membuat kenyang.

Seperti sate pada umumnya, sate karak disajikan dengan cara ditusuk menggunakan lidi dan dipanggang di atas bara arang. Biasanya sate karak memang bukan hanya menggunakan usus, namun dicampur dengan potongan-potongan daging.

Disajikan dengan ketan hitam

Keunikan lain yang dimiliki sate karak yaitu pada hidangan pendampingnya. Seringnya, sate disajikan dengan lontong. Tetapi, sate karak ini disajikan dengan ketan hitam. Tekstur ketan hitam tidak begitu lengket dan mudah disantap.

Walaupun beda dari yang lain, traveler akan ketagihan ketika mencobanya. Paduan sate karak dan ketan hitam istimewa, masih ditambah lagi dengan bumbu srundeng. Bumbu sate karak ini memang bukan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Sate karak disajikan dengan bumbu srundeng yang memiliki rasa gurih dan manis. Ada pula bumbu lain seperti bubuk kedelai dengan rasa pedas yang istimewa. Bila ketan dirasa kurang mengenyangkan, traveler bisa memberikan tambahan nasi atau lontong di piring sate karak.

Harga sate karak

Meski sate karak disajikan dari usus sapi dan daging sapi, traveler tak perlu cemas mengenai harga yang dipatok. Biasanya, sate karak ini dibanderol dengan harga Rp 10 ribuan untuk per 5 tusuk. Traveler bisa pesan berapa tusuk yang dikehendaki dan penjual akan menyajikannya ke meja.

Jadi, jika traveler bingung mencicipi makanan Surabaya yang lain dan tidak itu-itu saja, sate karak adalah pilihan yang terbaik untuk dipilih. Terlebih lagi obyek wisata kuliner ini selalu mampu menggoyang lidah saat sudah masuk dalam mulut. Benar-benar nikmat tiada tara dan tiada banding.