Rawon Setan Mbak Endang Surabaya yang Lezatnya Selalu Bikin Kesetanan

Surabaya merupakan kota yang punya banyak sekali obyek wisata kuliner dan salah satunya adalah nasi rawon. Bica tentang masakan yang satu ini, ada sebuah destinasi yang sangat pas didatangi yaitu Kedai Rawon Setan Mbak Endang. Meskipun namanya terkesan menakutkan bahkan mengerikan, namun justru sering jadi buruan oleh para penikmat rawon.

Lokasi

Dengan mengambil lokasi di Jl. Embong Malang, Surabaya Utara, Kedai Rawon Setan Mbak Endang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner paling terkenal di Surabaya. Terlebih lagi lokasinya yang sangat strategis, mudah dijangkau dari daerah mana saja.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah, banyak pegawai hotel di Surabaya yang sangat mengetahui lokasi tersebut. Sehingga bagi wisatawan luar daerah yang tidak paham dengan daerah tersebut, bisa dengan mudah meminta penjelasan lengkap pada mereka.

Kisah awal mula penamaan Kedai Rawon Setan

Dinamakan dengan sebutan rawon setan, karena pada zaman dahulu warung makan ini hanya buka pada malam hari saja, dari pukul 22:00 WIB sampai dini hari. Jam-jam tersebut sering dianggap sebagai waktunya para setan bermunculan dan berdatangan. Dari sinilah kemudian kedai ini populer dengan sebutan Kedai Rawon Setan Mbak Endang.

Hanya saja pada masa sekarang, kedai tersebut memiliki dua jadwal jam buka. Khusus untuk hari Minggu sampai Selasa, jadwal bukanya adalah pukul 07:30 pagi hingga 22:00 malam. Kemudian tiap hari Rabu sampai Sabtu, kedai kuliner tersebut tetap buka seperti biasa namun jam opersionalnya akan menjadi lebih lama sampai pukul 03:30 dini hari.

Kelezatan Rawon Setan Mbak Endang

Pergi berlibur ke Surabaya, sangat mudah sekali menjumpai kedai atau warung makan yang secara khusus menyediakan santapan hidangan berupa nasi rawon. Masakan tradisional khas Jawa Timur ini memiliki ciri khusus dari kuahnya yang berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat ini berasal dari bumbu kluwak yang menjadi ramuan utama dalam masakan tersebut.

Meski banyak sekali warung nasi rawon yang tersebar di berbagai tempat di Surabaya, tetapi Kedai Rawon Setan Mbak Endang mempunyai keistimewaan tersendiri. Kuahnya terasa lebih nikmat dan mantap saat mengalir ke dalam mulut.

Selain itu daging sapinya juga memiliki ukuran lebih besar dan selalu empuk. Dijamin setiap penikmatnya tidak akan kesulitan saat mengunyahnya. Dalam Kedai Rawon Mbak Endang, potongan daging sapi ini masih ditambah lagi dengan campuran lain seperti jeroan sapi atau kikil sapi beserta daun melinjo. Sehingga cita rasanya makin lengkap dan komplit.

Meski sudah sangat terkenal, namun obyek wisata kuliner Kedai Rawon Setan Mbak Endang tetap mematok harga yang sangat terjangkau. Untuk setiap porsinya bisa dinikmati traveler setelah mencabut uang senilai Rp. 20.000 dari dompet.