Pasar Bratang, Wisata Belanja Bunga dan Tanaman Hias Terlengkap di Surabaya

Tidak setiap orang suka memelihara dan merawat tanaman bunga, namun bisa dipastikan jika mereka tetap menyenanginya. Bicara tentang hal ini, di Surabaya terdapat satu obyek wisata belanja yang secara khusus menawarkan dagangan berupa bunga dan tanaman hias. Destinasi ini bernama Pasar Bratang.

Lokasinya terletak di Jl. Bratang Binangun, Bratajawa, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Posisinya yang sangat strategis, tidak terlalu jauh dari Stasiun Kerata Api Gubeng membuat pasar tradisional ini selalu ramai oleh pengunjung. Terlebih lagi di sekitar area tersebut ada puluhan hotel di Surabaya, sehingga makin memudahkan wisatawan dari luar daerah untuk mendatanginya.

Kondisi pasar

Meski hanya merupakan pasar tradisional saja, Pasar Batang mempunyai penampilan yang sangat bersih dan rapi. Sangat berbeda jauh ketika pasar ini muncul pertama kali pada sekitar tahun 1990. Setiap jalan pada lorong-lorongnya sudah ditutup dengan paving blok. Lebarnya cukup besar, sekitar 50 cm sehingga memudahkan pengunjung untuk berjalan.

Selain itu semua kiosnya juga tertata dengan rapi, tidak ada satupun yang menjorok ke tengah jalan. Demikian pula dengan dagangannya yang berupa bunga dan tanaman hias, tidak kalah tertib dan teratur dalam penataannya. Penyebabnya, semua pedaganya selalu mempunya rasa disiplin tinggi saat menempatkan diri.

Lebih dari itu, semua pedagang yang ada di pasar ini selalu bersikap ramah dan sopan kepada pembeli dan wisatawan. Mereka tidak akan marah meski ada konsumen yang hanya bertanya saja dan tidak jadi atau batal melakukan transaksi pembelian.

Kegiatan

Tentu saja, yang namanya pasar pasti selalu jadi tempat untuk transaksi jual beli. Demikian pula dengan Pasar Bratang. Di sini, wisatawan dapat berbelanja berbagai macam bunga atau tanaman hias. Bahkan saat menginjakan kaki di pintu masuk, akan langsung tercium bau dan aroma wangi dari bunga-bunga dan tanaman hias tersebut.

Mulai dari tanaman hias yang ukurannya kecil saja hingga yang memiliki ukuran mencapai beberapa meter bisa dijumpai di pasar ini. Sebagian besar diantaranya didatangkan dari Kota Surabaya sendiri. Sebagian lainnya dikirim dari beberapa daerah lain seperti Malang, Kediri dan sebagainya.

Harganya ada yang berkisar puluhan ribu rupiah saja namun ada pula yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Terutama sekali untuk tanaman hias yang sudah langka dan teramat sulit ditemukan.

Tidak harus membeli bunga atau tanaman hias saat berwisata ke Pasar Bratang. Di tempat ini wisatawan boleh datang meski hanya bertujuan untuk melihat-lihat saja. Jika ingin menemui kesejukan dan keindahan dengan cara yang berbeda, obyek wisata belanja ini memang sangat pantas didatangi.