Pasar Bong, Pusat Oleh-Oleh Haji Paling Murah dan Terkenal di Kota Surabaya

Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat dimimpi-mimpikan umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mampu berangkat ke Tanah Suci adalah sebuah pengalaman yang sangat pantas disyukuri. Salah satu rasa syukur itu kadang diwujudkan dalam bentuk membeli oleh-oleh bagi keluarga, kerabat, hingga tetangga.

Tapi sayangnya untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak terkendala oleh kuota, selain akan sangat ribet prosesnya. Tak heran kemudian hal ini diakali dengan banyaknya pedagang yang menjual oleh-oleh haji yang barangnya diimpor langsung dari Tanah Suci.

Misalnya tasbih, minyak wangi, air zam-sam, kacang Arab, pacar untuk cat kuku, kerudung dan sebagainya. Keberadaan pedagang oleh-oleh ini memang sangat membantu setiap jemaah haji bahkan hingga pemerintah yang berperan sebagai pelaksana ibadah haji.

Pasar Bong

Di Surabaya, pasar pusat oleh-oleh haji ada di Jl. Slompretan yang diberi nama Pasar Bong. Lokasi pasar ini tidak jauh dari kawasan perniagaan Kembang Jepun, Makam Sunan Ampel, serta Jembatan Merah.

Konon Pasar Bong yang sekarang sudah menjelma menjadi obyek wisata belanja ini, dulunya adalah bekas makam Cina. Makam ini disebut juga Chineesche Breestraat, di sepanjang Jalan Cina lebar yang sekarang disebut Jalan Slompretan. Sebuah gang kecil bernama Pasar Bong dulunya merupakan pasar khusus untuk jualan hewan seperti burung, anjing, kelinci dan lain-lain. Itu sebabnya pada zaman dulu pasar ini dikenal sebagai pasar burung dan ayam.

Ramai saat Bulan Ramadan

Yang unik dari Pasar Bong adalah tak seperti pasar pada umumnya. Pasar ini justru layaknya permukiman penduduk dengan pedagang yang berada d sisi kanan kiri gang kecil selebar tiga meter. Tapi disini, segala jenis perlengkapan ibadah, oleh-oleh haji, dan lain sebagainya yang selalu menjadi keperluan umat Muslim selalu tersedia.

Pasar ini buka setiap hari dan biasanya akan padat dengan pengunjung saat memasuki Bulan Ramadan, menjelang Idul Fitri dan ketika masuk musim haji. Pengunjung berdesakan dengan penjual yang memadati kanan kiri lorong.

Berbagai makanan khas Arab dari kurma, kismis hingga jagung Arab juga tersedia lengkap di sini. Namun yang paling laku saat musim haji adalah air zam-zam. Omset pedagang pun naik drastis hingga lebih dari 50 persen.

Bahkan sebelum berangkat haji, banyak jemaah yang sebelumnya sudah memesan oleh-oleh terlebih dulu. Pasar Bong menjadi pasar tujuan tidak hanya pembeli dari Surabaya, tetapi juga daerah-daerah sekitar. Banyak wisatawan yang luar daerah tersebut yang memilih Pasar Bong Surabaya sebagai tempat wisata belanja, khususnya oleh-oleh haji.