Pantai Kenjeran, Satu Obyek Wisata Alam Dalam Dua Spot di Surabaya

Selama ini Surabaya lebih sering dianggap sebagai kota transit saja bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi Jawa Timur. Tetapi dibalik itu semua, sebenarnya kota ini tetap mempunyai berbagai destinasi wisata alam yang tidak kalah menggairahkan untuk disambangi dan salah satunya adalah Pantai Kenjeran.

Dua obyek satu lokasi

Dengan jarak sekitar 9 km saja dari pusat Kota Surabaya, destinasi tersebut dapat dijangkau dengan kendaraan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Satu keunikan dimiliki oleh pantai ini karena obyeknya terdiri dari dua spot sekaligus. Pertama Pantai Kenjeran Lama dan yang kedua Pantai Ria Kenjeran.

Pantai Kenjeran Lama berada di Jalan Raya Pantai Lama 12, Kenjeran, Bulak Surabaya. Lalu untuk Pantai Ria Kenjeran terletak di Jl. Sukolilo 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. Meski alamatnya berbeda, namun keduanya berlokasi pada kawasan yang sama dan jaraknya saling berdekatan.

Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama merupakan sebuah destinasi wisata alam yang lebih mengedepankan aktivitas-aktivitas bersifat konvensional. Meski demikian tetap saja pantai ini memiliki daya pikat tinggi berupa pemandangan alam yang menyegarkan mata. Atmosfer yang terasa sepi justru sangat cocok untuk wisatawan yang suka menyendiri menjauhi keramaian.

Ombaknya cukup tenang, menjadikan setiap pengunjung jadi lebih bebas bermain-main di air pantai tanpa rasa was-was. Selanjutnya apabila traveler yang ingin menjelajahi tengah lautan, tersedia fasilitas perahu sewa dengan tarif yang dijamin tidak akan mencekik leher.

Selain itu sambil menikmati sajian khas Surabaya di tepian pantai, keindahan dan kemegahan Jembatan Suramadu dapat disaksikan secara jelas dari jarak yang sangat dekat. Suasana akan terasa lebih menggetarkan hati pada senja hari saat mentari akan tenggelam dan lampu-lampu jembatan mulai dinyalakan.

Pantai Ria Kenjeran

Beda dengan Kenjeran Lama, Pantai Ria Kenjeran mengusung konsep kekinian dengan daya tarik utama berupa bangunan bernuansa China seperti Kya-kya Seaside, Patung Dewi Kwan Im, Kelenteng Sannggar Agung dan Pagoda Tian Ti. Semua merupakan destinasi yang sangat memikat untuk disinggahi sekaligus dijadikan spot foto bagi traveler yang suka berselfie.

Fasilitas berbau modern sangat mudah dijumpai di sini seperti arena pacuan kuda, playground hingga waterpark berkonsep masa kini dan sebagainya. Pintu gerbang masuk ke kawasan ini dibuat dengan gaya arsitektur yang sangat unik, mirip bangunan-bangunan yang ada di negeri dongeng.

Pilihan ada ditangan traveler sendiri. Bagi yang suka suasana alami asli, Kenjeran Lama bisa menjadi destinasi utama. Sedangkan untuk wisatawan yang senang dengan suasana kekinian, pasti lebih tertarik mendatangi Pantai Ria Kenjeran. Tapi apapun keputusannya, kedua obyek wisata bahari di Surabaya ini sama-sama memiliki keistimewaan yang pantas dinikmati.