Menikmati Suasana Khas China di Pojok Tirai Bambu Surabaya

Kenjeran Park merupakan sebuah obyek wisata alam di kota Surabaya yang sangat lengkap spot wisatanya. Satu diantaranya adalah Pojok Tirai Bambu Bambu. Wujudnya berupa suatu bangunan dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun terlihat sangat cantik dan artistik.

Selaras dengan namanya, Pojok Tirai Bambu merupakan sebuah obyek wisata budaya yang mengusung konsep budaya dan seni negeri Tiongkok atau China. Dibalik ukuran bangunan tersebut yang hanya kecil saja, destinasi ini tetap mempunyai daya pikat yang sangat tinggi untuk dikunjungi.

Daya tarik

Memasuki obyek wisata budaya Pojok Tirai Bambu, wisatawan langsung diajak menyaksikan keindahan arsistektur bangunan khas negara China. Tapi uniknya, warna bangunan ini tidak didominasi dengan warna merah seperti bangunan tradisional Tiongkok lainnya. Warna yang menjadi dominan adalah coklat muda.

Di bagian depan persisnya dinding yang ada di sebelah kiri dan kanan, diberi hiasan ornamen berupa jendela berukuran besar dengan bentuk bundar atau lingkaran. Jendela ini dilengkapi dengan kaca bening, sehingga setiap pengunjung dapat melihat bagian dalam ruangnya tanpa perlu masuk.

Kemudian di pinggirannya juga terdapat hiasan cantik berbentuk ukiran gaya China berwarna keemasan. Penampakannya terlihat sangat mencolok dan kontras dengan warna coklat muda pada dinding.

Pojok Tirai Bambu disangga oleh beberapa pilar yang ukurannya juga lumayan besar dengan warna hijau tua dan bagian atas beserta bawahnya juga dikasih hiasan ukiran dengan konsep yang sama.

Kemudian untuk atapnya berupa atap lengkung dengan bentuk sama persis dengan atap khas China dan terdiri dari tiga tingkatan atau sap. Keberadaan atap yang terlihat sangat orientalis inilah yang membuat bangunan tersebut terlihat lebih megah dan indah meskipun ukurannya hanya kecil saja.

Di sekeliling bangunan tersebut tumbuh dengan subur puluhan pohon bambu. Dengan adanya pohon-pohon bambu yang sangat sejuk dan rindang ini, aroma khas Tiongkok semakin terasa kuat dan kental. Selain itu suasananya juga terasa asri, mampu membuat siapa saja yang ada di tempat ini betah untuk berlama-lama.

Kegiatan

Tidak banyak kegiatan yang bisa dijalani di obyek wisata budaya Pojok Tirai Bambu, kecuali foto dan selfie. Meski demikian, hasil dari pemotretan ini dijamin mampu menghadirkan rasa kagum saat dilihat oleh orang lain setelah disebar dan dipublikasikan di media sosial seperti facebook dan instragram.

Sebagai obyek wisata yang berada di kawasan Kenjeran Park, sangatlah mudah sekali untuk mengakses Pojok Tirai Bambu. Apalagi untuk urusan yang berhubungan dengan akomodasi, juga bukan merupakan masalah besar. Tidak sedikit hotel di Surabaya yang lokasinya dekat destinasi tersebut. Jadi bukan masalah besar apabila ada wisatawan luar kota yang ingin dan tertarik mengunjunginya.