Menikmati Kelezatan dan Gurihnya Nasi Cumi di Jalan Waspada Kota Surabaya

Surabaya, ibukotanya Provinsi Jawa Timur bagi banyak orang menjadi surga wisata kuliner. Aneka macam masakan khas yang lezat tersedia di kota pahlawan ini. Salah satu yang banyak menjadi buruan traveler adalah nasi cumi. Dan legendanya nasi cumi di Surabaya ada di Jalan Waspada depan Pasar Atom Surabaya dan konon warung ini sudah ada sejak tahun 1917. Tak heran warung ini sangat melegenda.

Ini merupakan warung nasi cumi yang sudah beroperasi empat generasi. Bukanya 24 jam dan tentu saja menawarkan hidangan lezat andalan berupa nasi cumi atau sotong yang dimasak dalam beberapa teknik. Warung ini menjadi warung yang kerap diburu warga Surabaya atau wisatawan. Meski buka 24 jam, warung ini tak pernah sepi pengunjung, terutama pada malam hari.

Lalu apa sebenarnya yang menarik dari nasi cumi ini?. Nasi cumi adalah hidangan yang lauk utamanya adalah cumi hitam atau sotong, lengkap dengan tinta hitamnya. Ada yang dimasak jadi nasi cumi campur, nasi cumi biasa atau dibikin rawon.

Kaya dengan lauk

Khusus untuk nasi cumi campur, ada beberapa pilihan campuran untuk melengkapi gurihnya cumi. Yaitu ditambahi dengan mie, tahu, sebutir telur, jerohan kemudian dilengkapi dengan rempeyek udang. Lauknya benar-benar kaya, sampai bingung mana yang harus didahulukan. Untuk jerohannya bisa berupa babat, paru, atau pun usus, sangat lengkap dan komplit.

Sementara kalau menu biasa tanpa campuran lauk aneka macam tersebut. Selain itu juga ada cumi yang dibikin olahan rawon. Nah, untuk menebus satu porsi nasi cumi campur komplet yang sangat lezat ini, pengunjung harus membayar Rp 27.000 per porsi. Sementara untuk nasi cumi yang biasa hanya Rp 15.000 saja per porsi.

Selalu punya karakter sama

Nasi cumi ini setiap harinya dapat menghabiskan cumi atau sotong sebanyak 40 kg hingga 50 kg. Jumlah ini selalu habis karena memang permintaannya yang sangat tinggi. Paling banyak pengunjung yang datang adalah saat malam hari, meskipun mereka buka 24 jam.

Selain menjual nasi cumi hitam sebagai andalannya, warung ini juga menjual aneka makanan lainnya, termasuk nasi rawon daging sapi, nasi tongkol serta aneka masakan lainnya. Semua memiliki karakter yang sama yaitu serba nikmat, lezat dan ada aroma gurihnya.

Bagi pengunjung yang ingin ke Surabaya, warung nasi cumi hitam Jalan Waspada ini pantang dilewatkan. Karena mungkin di daerah lain susah menemukan makanan yang satu ini. Paling enak memang datang saat malam hari, sambil jalan-jalan menikmati malam di kota pahlawan.