Menikmati Kelazatan Es Krim Zangrandi Surabaya yang Segarnya Penuh Nostalgia

Es krim merupakan hidangan dingin yang sangat disukai banyak orang. Jika ingin merasakan sensasi istimewa atas kuliner yang satu ini, dapat pergi ke Surabaya. Di ibukotanya Provinsi Jawa Timur ini, terdapat sebuah kedai es krim yang usianya sudah sangat tua. Namanya Toko Es Krim Zangrandi.

Lokasinya terletak di Jalan Yos Sudarso 15 dan buka setiap hari dari jam 10:00 hingga 22:00 WIB. Konon obyek wisata kuliner tersebut telah beroperasi sekitar 80 tahun lalu. Tapi hingga sekarang, tetap memiliki pelanggan yang sangat banyak terutama dari kalangan penggemar es krim.

Suasana toko

Toko Es Krim Zangrandi menempati sebuah bangunan lawas khas zaman dulu. Begitu masuk ke ruangannya, nuansa jadul langsung terasa. Ukuran ruang ini tergolong kecil sehingga tidak mampu memuat pengunjung dalam jumlah yang banyak.

Meski demikian wisatawan tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat makan di toko es krim ini. Karena selain ruang dalam tersedia area lain yang berada di luar ruang atau outdoor. Keduanya sama-sama menghadirkan kesan kuno. Aroma lawas ini terasa lebih nyata melalui meja dan kursi untuk menyantap es krim yang penuh nuansa tempoe doeloe.

Selaras dengan namanya, Toko Es Krim Zangrandi menyediakan menu andalan utama berupa es krim. Saat datang ke tempat ini, wisatawan akan langsung diberi buku daftar menu es krim yang bisa dipesan. Pada halaman pertama dari buku daftar menu tersebut terlihat gambar foto Zangrandi pada zaman lalu.

Di halaman pertama itu pula ada tulisan yang menyebutkan bahwa Toko Es Krim Zangrandi berdiri pertamakali pada tahun 1930. Artinya, wisata kuliner unik ini sudah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Menu andalan

Membuka buku daftar menu pada halaman berikutnya, tertera menu-menu es krim yang dapat dipesan para pengunjung. Semua kelihatan menarik dan tentu saja sangat pantas untuk dicoba dan dicicipi kelezatannya.

Harga es krim yang ditawarkan Toko Es Krim Zangrandi memang tidak terlalu murah namun tetap ramah di kantong. Setiap varian hanya dibandrol di angka Rp. 11.000 hingga Rp.25.000 per satu scope.

Selain es krim, pecinta wisata kuliner di tempat ini juga bisa merasakan beberapa jenis menu santapan ringan seperti kroket, risoles, lumpia, pastel, siomay dan french fries. Harganya juga cukup murah, antara Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per menu.

Tak akan ada kata sesal berkunjung dan menyantap es krim di Toko Es Krim Zanrandi. Bagi penggemar wisata kuliner dari daerah lain, urusan akomodasi adalah hal yang sangat mudah. Saat ini sudah banyak sekali berdiri hotel di Surabaya yang berlokasi tidak jauh dari obyek wisata kuliner tersebut.