Mengagumi Kemegahan dan Keindahan Pagoda Tian Ti Surabaya

Di Surabaya, persisnya di area wisata Kenjeran Park terdapat sebuah bangunan yang terlihat indah dan megah, bernama Pagoda Tian Ti. Nama obyek wisata budaya ini, apabila dialih ke Bahasa Indonesia memiliki arti Langit Bumi dan dalam Bahasa Inggris disebut Sky World. Lokasinya berada di Jalan Sukolilo 100, Kalurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Replika Temple of Heaven China

Pagona Tian Ti memiliki ketinggian 58 meter dengan diameter bangunan 60 meter. Elemen konstruksinya terbuat dari besi baja. Bangunan berbentuk bundar dan memiliki ukuran yang sangat besar ini adalah replika bangunan Temple of Heaven atau Tian Tan yang terletak di Kota Beijing, China.

Jadi wisatawan tidak perlu heran ketika menyaksikan bentuknya yang sama persis. Mulai dari hiasan atau ornamen, ukuran nama hingga warnanya, tidak ada yang berbeda. Perbedaannya hanya satu saja, Pagoda Tian Ti berada di Indonesia, sedangkan Temple of Heaven berlokasi di negara China.

Kegiatan

Saat berkunjung ke Pagoda Tian Ti, wisatawan tidak akan menemui sesuatu yang istimewa kecuali keindahan bangunannya saja. Ruang yang ada di pagoda ini hanya kosong saja serta tidak ada kegiatan apapun yang digelar di tempat tersebut. Bangunan yang selesai didirikan pada tahun 2010 ini memang hanya dibuat dengan tujuan untuk mempercantik daerah wisata Kenjeran Park saja.

Meski demikian, Pagoda Tian Tin tetap mempunyai daya tarik yang sangat istimewa di mata pelancong. Setiap hari selalu saja ada wisatawan yang datang mengunjunginya. Bahkan tidak sedikit yang berasal dari mancanegara. Mereka sangat kagum dan tertarik dengan keindahan yang terpancar dari setiap bagian elemennya.

Karena tidak ada apapun yang bisa dijumpai, maka kegiatan utama yang dapat dilakukan di Pagoda Tian Ti tiada lain adalah berfoto-foto serta berselfie ria sambil menikmati keunikan bangunannya. Keunikan bangunan inilah yang membuat obyek wisata budaya  ini juga sering dipakai sebagai latar belakang sesi preweding oleh sebagian pelancong.

Untuk memasuki Pagoda Tian Ti, wisatawan tidak dipungut biaya tiket alias gratis. Ongkos yang harus dikeluarkan untuk mengunjunginya hanya berupa ongkos parkir saja, sebesar Rp. 3.000 per kendaraan.

Untuk aksesnya sendiri, Pagoda Tian Ti merupakan sebuah obyek wisata yang sangat mudah didatangi, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi publik. Bagi wisatawan yang berasal dari daerah lain, juga tak akan kesulitan memikirkan urusan akomodasi. Ada puluhan hotel di Surabaya yang lokasinya berdekatan dengan Kenjeran Park, dimana Pagoda Tian Ti berdiri.