Masjid Nasional Al-Akbar, Masjid Terbesar Kedua Indonesia di Surabaya

Selaras dengan penyebutannya, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya memiliki ukuran yang sangat akbar dan besar. Akan tetapi makna akbar di sini tidak hanya dalam wujud fisik atau bangunannya saja. Masjid tersebut dibangun bukan sekedar untuk ritual ibadah sholat saja. Kawasannya merupakan obyek wisata religi, pendidikan dan budaya.

Masjid ini berada di Jalan Masjid Al-Akbar Timur No. 1, Kalurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Pembangunannya mulai dilakukan melalui upacara peletakan batu pertama oleh wakil presiden Indonesia Try Soetrisno pada 4 Agustus 1995. Sedangkan peresmiannya oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000.

Desain eksterior

Berada diatas lahan dengan luas 11,2 hektar, Masjid Al-Akbar Surabaya mempunyai ukuran panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bangunannya terdiri dari dua lantai dan mempunyai luas secara keseluruhan 28.509 m2 dengan daya tampung mencapai 59.000 jamaah.

Menaranya setinggi 99 meter dan dapat dimasuki wisatawan. Dari puncak menara ini traveler dapat menyaksikan panorama kota Surabaya dan Sidoarjo bahkan hingga Bangkalan Madura secara jelas.

Kubahnya yang memiliki bentangan 54 x 54 meter menggunakan disapu oleh warna biru dan hijau gelap, menghasilkan nuansa damai dan sejuk. Eksterior bangunannya dilengkapi hiasan ukiran kaligrafi. Sedangkan pintu utamanya yang berjumlah total 45 pintu semuanya terbuat dari kayu jati berhias ukiran cantik.

Desain interior

Memasuki bangunan utamanya, traveler bisa menyaksikan lagi hiasan kaligrari yang terdapat pada dinding-dindingnya. Hiasan kaligrafi ini memiliki ukuran panjang 180 meter dan lebar 1 meter. Pada setiap pinggiran ruang baik lantai bawah maupun atas selalu dilengkapi rak-rak berisi kitab suci Al-Qur’an.

Keindahan berikutnya yang bisa dinikmati oleh traveler berupa ornamen ukiran kaca. Selain jadi hiasan, keberadaan hiasan-hiasan kaca-kaca ini juga berfungsi sebagai salah satu sistem pencahayaan alami dalam ruangan sekaligus untuk meredam suara bising dari luar.

Fasilitas

Selain punya panorama eksterior dan interior yang sangat cantik, Masjid Al-Akbar Surabaya juga dilengkapi aneka fasilitas dengan tujuan menjalankan syiar agama Islam. Salah satunya adalah ruang Zam-zam, biasanya dipakai untuk menggelar acara pernikahan secara syari’ah.

Kemudian ada lagi ruang Yasmin dan Zaitun, difungsikan sebagai tempat penyelenggarakan pendidikan agama, penyuluhan. Selanjutnya terdapat ruang Al-Marwah, merupakan ruangan untuk mengadakan pertunjukan-pertunjukan yang bersifat Islami. Kemudian yang terakhir, ruang sekretariatnya dinamakan ruang As-Shofa.

Secara menyeluruh, Masjid Al-Akbar Surabaya dapat dijadikan obyek wisata religi terutama bagi para traveler yang berniat mengistirahatkan pikiran yang sedang lelah serta menjalankan ibadah sholat. Lebih dari itu, masjid terbesar kedua di Indonesia ini juga sangat bagus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT melalui berbagai cara seperti membaca Al-Qur’an, tadarus dan sebagainya.