Kombinasi Modern dan Etnis di Pusat Wisata Belanja Pasar Atom Surabaya

Namanya sangat unik, Pasar Atom. Obyek wisata belanja ini berlokasi di Jalan Bunguran 45, Surabaya Jawa Timur yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Masih di kawasan yang sama, ada Pusat Perbelanjaan Atom Mall dengan gaya tampilan lebih modern dan dibangun pada 2005. Keduanya merupakan surga bagi setiap traveler yang senang berpelancong sambil berbelanja.

Kombinasi gaya hidup yang sangat unik

Berada di suatu lahan seluas 6 ha, secara total Pasar Atom dan Pusat Perbelanjaan Atom Mall memiliki stand dengan jumlah yang tidak tanggung-tanggung, mencapai lebih dari 2.600 unit. Kombinasi antara gaya hidup modern serta nuansa tradisional khas Jawa Timur sangat terasa di destinasi wisata ini.

Perpaduan tersebut pasti selalu menghasilkan kesan yang begitu unik bagi para traveler yang datang ke tempat ini. Apalagi kondisinya selalu ramai. Setiap hari angka kunjungannya lebih dari 25 ribu orang dan akan meningkat sampai 50 ribu orang pada akhir pekan dan hari libur.

Pasar Atom

Sejak berdiri pertamakali, Pasar Atom langsung menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur. Pasar paling legendaris di kota Surabaya ini tidak hanya jadi pusat kunjungan belanja bagi penduduk Jawa Timur saja. Masyarakat kawasan Indonesia timur seperti Bali, Lombok bahkan hingga Kalimantan, Sulawesi dan Papua juga banyak yang berbelanja di Pasar Atom.

Selain wisatawan serta masyarakat umum, banyak pula pebisnis yang sering kulakan di pasar ini. Salah satu ciri utama yang dimiliki pasar tradisional tersebut adalah adanya proses tawar menawar antara pembeli dan pedagang.

Jenis dagangan yang ditawarkan sangat lengkap dan bermacam-macam. Mulai dari makanan tradisional, perabot rumah tangga, aneka suvenir khas Jawa Timur, baju, barang pecah belah dan lainnya, bisa ditawar hingga beberapa puluh persen dari harga yang diberikan penjual.

Pusat Perbelanjaan Atom Mall

Pusat Perbelanjaan Atom Mall terdiri dari 8 lantai, dimana lantai 1 sampai 4 dipakai sebagai pusat belanja dan lantai 5 hingga 8 untuk parkir kendaraan. Sebagaimana pusat perbelanjaan modern lainnya, produk yang ditawarkan juga sangat beragam.

Mulai dari makanan, fashion, perhiasan emas, barang elektronik, ponsel dan sebagainya dapat dibeli di tenant-tenant yang selalu buka dari pagi hingga malam hari. Tetapi tentu saja, proses tawar menawar tidak akan dapat ditemukan di mall ini, seperti ‘saudara tuanya’ Pasar Atom.

Meski demikian bukan berarti tidak ada sama sekali aroma tradisional yang dapat ditemukan. Celoteh para pengunjung dan penjaga tenant yang selalu menggunakan bahasa khas Surabaya selalu terdengar di telinga setiap waktu. Selain itu suasananya juga tetap sama dengan Pasar Atom tradisional. Riuh dan sesak, namun selalu mampu membuat hati traveler jadi senang.