Klenteng Sanggar Agung Wisata Religi, yang Seru di Surabaya

Selain sejarah, pantai dan kuliner Surabaya memiliki potensi wisata alternatif yang seru yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satunya adalah wisata religi yang mewakili eksistensi berbagai agama yang tumbuh di Kota Pahlawan tersebut.

Salah satunya yaitu Klenteng Sanggar Agung. Klenteng ini merupakan kuil tempat ibadah pemeluk Tridarma, sebuah kepercayaan yang dapat digolongkan ke dalam agama Buddha. Sejak tahun 1999, menandai dibukanya kuil ini untuk umum, banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sana.

Patung Dewi Kwan Im Berlatar Laut

Inilah ikon utama Klenteng Sanggar Agung. Pengunjung akan disuguhi pemandangan patung yang menakjubkan, yaitu patung Dewi Kwan Im, dengan latar belakang laut. Perlu diketahui, lokasi Klenteng Sanggar Agung sendiri berada di tepi Pantai Kenjeran Surabaya, tepatnya di Jalan Sukolilo Nomor 100.

Patung Dewi Kwan Im berdiri megah membelakangi laut dengan diapit dua patung penjaga serta empat patung pelindung arah mata angin. Pada bagian bawah patung tampak dua ekor naga saling berhadapan.

Tinggi patung ini mencapai 20 meter dan konon dipersembahkan kepada Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan. Lokasi berdirinya patung ini menjadi lokasi favorit para pengunjung karena kemegahan patungnya.

Ketika senja, traveler juga bisa memotret siluet patung yang diterpa sinar matahari keemasan dengan latar belakang laut. Selain patung Dewi Kwan Im, ikon lainnya adalah patung Phra Phrom raksasa berlapis emas.

Bagi yang ingin berekreasi di obyek wisata ini, tidak perlu khawatir akan menganggu umat yang akan beribadah. Sejak 2015 telah dibangun jalan menuju ke lokasi patung tanpa melalui ibadah di kelenteng tersebut, sehingga mereka yang ingin beribadah tidak terganggu.

Oya, kalau mau jalan-jalan, di sekitar Klentheng Sanggar Agung juga memiliki pemandangan cukup indah, karena berdiri di sekitar kawasan hutan bakau. Kawasan tempat dibangunnya obyek wisata religi ini memang kawasan suaka alam dan menjadi habitat alamiah berbagai burung, kepiting, hingga ikan.

Jangan lupa pula mampir juga ke Pagoda Tian Ti yang lokasinya berada satu kawasan dengan Klenteng Sanggar Agung. Penghobi fotografi akan terpuaskan bila berkunjung ke lokasi ini. Waktu yang disarankan untuk berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung adalah sore hingga senja, agar dapat memperoleh foto yang lebih bagus.

Cara Menuju ke Klenteng Sanggar Agung            

Menuju ke lokasi ini sangatlah mudah karena lokasinya memang satu kawasan dengan Pantai Kenjeran. Traveler bisa menuju ke lokasi Pantai Kenjeran dari kota dengan menggunakan angkot yang memiliki rute ke arah Kenjeran. Akses kendaraan pribadi juga mudah karena infrastruktur sudah bagus. Jadi bila ke Surabaya, jangan lupa mampir ke Klenteng Sanggar Agung.