Kebun Bibit Wonorejo, Oase di Panasnya Kota Surabaya

Mengunjungi Kota Surabaya mungkin di benak wisatawan hanya akan menjumpai kota besar penuh gedung tinggi, moderenitas, mall, wisata belanja, dan semacamnyaya. Hal ini sangat dimaklumi mengingat Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Tetapi sebenarnya bila traveler mau mengeksplorasi, Kota Pahlawan ini mempunyai sejumlah lokasi wisata tersembunyi, termasuk wisata alam. Salah satunya Kebun Bibit Wonorejo, yang terletak di kawasan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Inilah tempat dimana taman-taman kota di Surabaya memperoleh bibit-bibit tanaman yang akan menghijaukan kota yang terkenal panas itu.

Kebun Bibit Wonorejo menjadi lokasi wisata alternatif, edukatif, yang cocok untuk keluarga. Di kawasan seluas 5,9 hektare ini pengunjung akan merasakan udara segar dan berlimpahnya oksigen, yang akan menjadi semacam oase di panas teriknya Kota Surabaya.

Apa yang Menarik?

Lalu apa yang menarik dari Kebun Bibit Wonorejo ini? Banyak hal yang dapat pengunjung temui ketika berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo. Di kawasan hijau ini pengunjung akan mendapati danau yang besar di tengah kebun bibit tersebut.

Ini adalah spot utama yang kerap menjadi tempat konsentrasi pengunjung. Sejumlah dermaga tampak berada di sisi danau. Tak jarang tempat ini jadi lokasi untuk pemotretan pre-wedding. Bersantai di sekitar danau akan sangat menyenangkan.

Di Kebun Bibit Wonorejo traveler juga bisa memanfaatkan fasilitas wall climbing anak dan play ground. Fasilitas inilah yang membuat Kebun Bibit Wonorejo jadi lokasi paling cocok untuk wisata keluarga.

Kebun Bibit Wonorejo juga dilengkapi dengan satwa. Meskipun tidak banyak, namun cukup membuat suasana kebun jadi makin menyenangkan. Ada sejumlah rusa dan unggas terutama angsa yang dipelihara pengelola. Bagi pengunjung yang memiliki anak kecil, tentu kehadiran satwa ini menjadi semakin membuat pelengkap keseruan wisata keluarga.

Pihak pengelola juga tak melupakan fasilitas bagi penyuka olahraga. Layaknya sebuah taman kota, Kebun Bibit Wonorejo juga dilengkapi dengan fasilitas jogging track untuk memuaskan hasrat berolahraga warga.

Di Kebun Bibit Wonorejo pengunjung dapat melihat rumah anggrek, di mana banyak jenis bunga anggrek yang dikembangkan. Kemudian juga ada kebun bibit tanaman hingga rumah kompos.

Yang tak kalah ser di lokasi ini tersedia area untuk berkemah. Khusus untuk kemah ini harus minta izin pengelola. Secara infrastruktur, lokasi ini memang cocok untuk berkemah, karena juga tersedia toilet serta kran air siap minum.

Semua fasilitas tersebut bisa pengunjung nikmati tanpa membayar tiket sepeser pun. Karena wisata alam Kebun Bibit Wonorejo memang disediakan bagi masyarakat umum secara gratis. Bagi traveler, jangan khawatir kelaparan. Di lokasi ini juga terdapat sentra kuliner yang siap dengan menu-menu lezat dan harga yang terjangkau.