Berkunjung ke Taman Korea Surabaya, Serasa Liburan di Negeri Korea

Taman Korea merupakan sebuah obyek wisata alam berkonsep taman kota yang berlokasi di Surabaya. Taman Korea ini dibuat oleh pemerintah Korea sebagai suatu simbol persahabatan antara Indonesia dan Korea. Taman ini mulai dibangun pada tahun 2010, tepatnya pada bulan Januari. Kemudian lima bulan berikutnya diresmikan oleh walikota Surabaya.

Sekilas mengenai Taman Korea

Taman Persahabatan Indonesia Korea sebenarnya menjadi nama lengkap dari Taman Korea. Tetapi, banyak orang yang lebih senang menyingkat taman ini menjadi Taman Korea. Taman cantik ini dibangun pada sebuah lahan dengan ukuran luas 1848 meter persegi.

Pemerintah Korea Selatan, menggelontorkan dana sebesar Rp 544,5 jutaan. Urusan desain dan pengerjaannya juga dilakukan pemerintah Korea Selatan sendiri. Pemerintah daerah kota Surabaya hanyamenyediakan lahan serta melakukan perawatan.

Desain yang ada di kawasan Taman Korea didasarkan pada bendera Taeguk Korea Selatan serta menyiratkan Yin-Yang. Bambang DH dan Mr Lim Taek Sun merupakan ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya adalah sosok-sosok yang mengeluarkan gagasan yang sangat cerdik tersebut.

Keindahan Taman Korea

Taman Korea mempunyai hamparan rumput hijau dengan berbagai macam pohon, sehingga membuat traveler yang mengunjungi Taman Korea merasa teduh. Keindahan Taman Korea juga didukung oleh tanaman hias yang ditata secara rapi sehingga memberikan kesan indah dan seimbang untuk taman tengah kota.

Udara di sekitar Taman Korea sangat segar ketika dihirup meskipun di tengah terik matahari panas. Kesegaran menjadi semakin terasa dengan adanya air mancur indah di sini. Di tengah Taman Korea terdapat bangunan yang menjadi monumen.

Lalu di kiri dan kanannya juga terdapat suatu prasasti yang menjelaskan tentang cerita Taman Korea. Pada prasasti tersebut juga dijelaskan jika taman ini adalah simbol persahabatan untuk terciptanya perdamaian di seluruh dunia yang ditulis dalam 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, Korea dan Inggris.

Taman Korea berlokasi di Jl. Dr Soetomo, lokasi ini dipilih karena di sekitar taman banyak dihuni warga asing, khususnya warga Korea sendiri. Mungkin traveler penasaran, mengapa kota yang dipilih adalah Surabaya. Hal ini disebabkan karena Surabaya memiliki hubungan kerjasama dengan Korea di segala bidang

Taman Korea biasanya ramai dikunjungi ketika akhir pekan serta menjadi tempat yang asyik untuk bersantai dan menikmati makanan ringan atau berfoto selfie. Taman Korea juga layak dijadikan sebagai lokasi pemotretan karena cukup banyak sudut pandang yang menarik. Saat hadir di wisata alam ini, pelancong akan merasa seolah-oleh sedang liburan di negeri Korea.