Beribadah dan Berselfie di Obyek Wisata Religi Pura Jagad Karana Surabaya

Berkeliling kota Surabaya pastinya akan membuat traveler menemukan banyak hal menarik dan unik. Selain dari tempat wisata modern seperti pusat perbelanjaan, juga bisa menyaksikan berbagai tempat wisata religi salah satunya Pura Jada Karana.

Selama ini pura lebih sering ditemukan di Bali. Akan tetapi dari Pura Agung Jagad Karana berada di Surabaya dan menjadi salah satu tempat peribadatan umat Hindu bagi masyarakat di sana. Desain bangunannya juga mirip seperti Pura di Pulau Bali.

Ada ciri khas menarik dari Jada Karana yang mana terdapat berbagai macam ornament khas etnik Bali ditambah lagi pada bagian atap terlihat susunan cukup rapi. Selain itu bangunan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam hiasan bunga di sekitar Pura.

Suasana tenang dan sejuk

Banyak pelancong mampir ke Pura Jada Karana untuk sekedar menemukan suasana tenang dan sejuk. Karena memang suasana di sekitar wisata religi ini terkenal hening dengan iringan gamelan yang biasanya selalu dimainkan pada hari-hari tertentu.

Tentu setiap tempat ibadah mempunyai kisah sejarahnya, tidak terkecuali Pura Jagad Karana ini. Maka dari itu dari setiap pengunjung dapat langsung melihat beberapa informasi seputar tempat ibadah Pura tersebut.

Jika kita lihat kembali Pura Jagad Karana ini sudah dibangun pada akhir 1960an. Kemudian beberapa kali renovasi dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Sehingga desain dan gaya bangunannya tetap terlihat indah dan megah meski usianya sudah lumayan tua.

Pada bagian depan terdapat ukiran patung sosok Dewi Saraswati dengan bunga teratai hingga patung angsa terdapat di kanan dan kiri. Sedangkan di sisi luarnya ada berbagai jenis ukiran dewi-dewi yang menampilkan hasil seni yang indah.

Hingga kini ada tiga bagian dalam Pura Jagad Karana Surabaya yang menjadi tempat penting dan sakral yakni Mandala Nista, Mandala Madya hingga Mandala Utama. Bagi wisatawan yang tidak ingin beribadah di dalam Pura tidak diperbolehkan masuk ke dalam tiga tempat tersebut.

Kegiatan

Meski dilarang masuk ke dalam ruang peribadatan, masih ada kegiatan lain yang bisa traveler lakukan di tempat tersebut. Mulai dari berfoto menggunakan latar belakang Pura, kemudian cobalah menikmati berbagai macam tempat makan di sekitar Pura.

Bagi para pegiat media sosial yang suka berburu tempat berfoto, cobalah datangi Pura Jagad Karana pada akhir pekan. Mengenai alat transportasinya tak perlu khawatir karena wisatawan dapat mengandalkan kendaraan roda dua ataupun empat. Kondisi jalannya terbilang sangat lancar hingga tak jauh dari pusat kota.

Jadi Pura Agung Jadad Karana Surabaya bisa menjadi tempat ibadah sekaligus tempat untuk menikmati hari libur. Kegiatan wisata religi ini bisa dilakukan bersama keluarga atau teman dengan berfoto hingga sambil menikmati keindahan dan keunikan bangunan pura.