Asyiknya Menikmati Kesegaran Buah-buahan di Taman Buah Undaan Surabaya

Surabaya saat ini memiliki sebuah obyek wisata alam baru berkonsep kekotaan dengan nama lengkap Taman Buah Undaan Surabaya. Lokasinya ada di Jl. Sutorejo Utara, Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Dari pom bensin menjadi taman kota

Dulu, sebelum kawasan ini berubah bentuk menjadi taman, difungsikan sebagai pom bensin. Kemudian setelah masa kontrak dengan pihak pengelola pom bensin habis, pemerintah kota setempat memutuskan melakukan perubahan total atas fungsi dari lahan tersebut yang untuk selanjutnya dibangun sebuah taman kota.

Taman Buah Undaan diresmikan pada tahun 2009. Lokasinya berada di kawasan yang sangat strategis, sehingga wisatawan dari arah mana saja dapat mengaksesnya dengan mudah. Selain itu yang lebih menggembirakan lagi adalah, ada beberapa hotel di Surabaya yang bertebaran di sekitar taman tersebut. Sehingga wisatawan luar kota tidak akan kerepotan mencari tempat penginapan jika ingin berkunjung.

Daya tarik

Meski mengusung nama sebagai taman buah, namun wisatawan tidak akan menjumpai buah-buahan atau tanaman buah dalam bentuk yang asli di Taman Buah Undaan. Meski demikian, tetap ada keunikan yang dapat ditemui dan dirasakan oleh para traveler Semua tempat duduk atau kursi untuk bersantai di taman ini dibuat dengan desain khusus berbentuk buah-buahan.

Misalnya ada kursi yang menyerupai buah pepaya yang dikasih warna merah jingga menyala, mirip dengan warna asli buah tersebut. Replika buah yang ditampilkan dalam bentuk kursi ini tidak diwujudkan dalam bentuk buah secara utuh. ada bagian yang terpotong di tengah dan di titik potongan inilah wisatawan dapat duduk bersantai.

Konsep desain yang sama juga diterapkan pada kursi-kursi yang lain seperti buah belimbing, pisang, mangga, apel dan sebagainya. Semua memiliki penampilan yang sangat lucu dan unik sekaligus sangat nyaman untuk duduk-duduk sambil menikmati panorama di sekitar taman.

Selain dilengkapi dengan aneka tempat duduk berbentuk buah-buahan, Taman Buah Undaan juga memiliki air mancur dalam ukuran yang cukup besar dan persis berada di tengah taman. Keberadaan air mancur ini menjadikan taman tersebut terlihat makin indah dan memukau hati siapa saja yang melihat dan mengunjunginya.

Suasana sejuk dan segar selalu terasa di taman ini, karena dipenuhi dengan berbagai macam pepohonan berdaun lebat dan rindah. Beberapa tanaman hias dengan tampilan yang tak kalah menarik ikut ditata dengan rapi di sebagian besar area taman tersebut.

Selain menikmati keindahan dan keunikannya, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan saat rekreasi di obyek wisata alam Taman Undaan Surabaya. Di sini terdapat beberapa joging trak yang sangat nyaman untuk melakukan olahraga lari. Keistimewaan lainnya, tidak ada biaya tiket yang harus dibayar saat memasuki taman tersebut.